tips mengendalika Emosi Dengan cara sehat

Ketahui tentang Flora Fauna yang unik, cantik, dan patut untuk digali informasinya

tips mengendalika Emosi Dengan cara sehat

Pernahkah Anda marah ketika temen dekat anda menjadi musuh dalam selimut......?Sebenernya,Kemarahan adalah suatu hal yang normal dan sehat.tapi harus anda lakukan dengan car yang positif.kemarahan yang tidak bisa anda kendalikan hanya bisa membuat anda semakin menyusahkan anda dampaknya akan memburukkan kesehatan anda dan juga hubungan anda dengan orang lain.Dibawah ini ada cara untuk membuat kemarahan anda lebih tertata:

1.Hitung sampai 10
Cara ini bukan hanya milik anak-anak,Sebelum anda bereaksi atas situasi yang emosianal tinggi.sebaiknya anda harus ambil anfas dalam-dalam sambil anda histung hingga 10.sikap tenang bisa menurunkan emosi anda.atau bisa anda menjauh dari orang yang bisa membuat anda marah yang tidak berukuran.

cara mudah mengendalikan emosi2.Ekspresikan
Kemudia setelah anda sudah berfikir jernih,ekspresikan frustasi anda dalam bentuk yang tegas tetapi tidak frontal.utamakan apa yang menjadi ganjalan dan kebutuhan anda.tampa harus menyakiti orang hati orang lain atau anda berusaha untuk mengaturnya.

3.Olahraga
Aktivitas yang menguras tenaga bisa jadi pelampiasan emosi, terutama bila Anda sudah nyaris “meledak”.apabila nada sudah merasa kemarahan anda sudah meningkat maka nad ahrus sering olahraga.bisa anda lakukan olahraga yang menyehatkan seperti lari, jalan kai,atau bisa anda melakukan sesuatu kesukaan anda yang bisa menguras fisik.dengan begitu anda bisa menstibulasi zat-zatkimia dalam otak anda lebih bahagia atau senag dan rileks dibanding sebelum anda melakukan hal tersebut.

4.Pikir dahulu
Dalam situasi panas,an mudah anda mengucapkan kat-kata yang jelek yang kelak bisa anda sesali.sebaiknya ambail waktu sejenak untuk mengumpulkan semua fikiran anda sebelum anda mengucapkan hal yang jelek tersebut.kan hal yang sama saat itu.

5.Cari solusi
Daripada memfokuskan pikiran pada hal-hal yang membuat Anda marah, lebih baik cari solusinya. Bila kamar anak yang berantakan membuat Anda pusing, tutup pintunya sejenak. saat pasangan anda selalu telat pulangnya saat jam makan malam anda harus harus sabar,anda ahrus slalu ingan diri anda bahwa marah tidak akan memperbaiki masalah malah menunjukakan anda keterpurukan.

6.   Gunakan pernyataan “Saya”
cara untuk menghindari kebiasaan mengeritik orang lain.justru itu yang bisa meningkatkan emosi anda,gunakan kat "saya" untuk menentukan masalah,berusahalah untuk anda menghargai orang lain.misalnya. dari pada anda mengatakan teman kelompok anda tidak pernah membantu pekerjaan kelompok,katakan padanya,"saya" kecewa tidak membantu mengerjakan tugas kelompok.

7.Jangan menyimpan dendam
Memaafkan adalah cara yang efektif.jangan anda biarkan kemarahan dan perasan negatif dari diri anda ,bukan tidak mengkin hal tersebut bisa menenggelamkan anda dalam pikiran yang buruk. bisa nada memanfaatkan orang yang bisa membuat anda marah.ini bisa anda jadikan pelajaran untuk anda.ingat orang lain tidak mungkin mengharapkan orang lain bersikap sesuai dengNamun, bila an kemauan anda setiap saat.

8.   Gunakan humor
Berusaha membuat suasana kembali segar dengan humor bisa mengurangi ketegangan. Jangan gunakan kata-kata yang jorok untuk membuat humor anda lebih lucu,karena ini justru akan memperburuk masalah.

9.Tenangkan diri
Saat emosi anda muncul, coba anda lakukan gerakan relaksasi,ambil anfas dalam-dalam kemudian bayangkan pemandangan yang sangat indahatau ulangi kalimat yang bisa menenangkan anda,bisa dengan mendengarkan musik,menulis,atau bisa nad melakukan sesuatu yang bisa membuat anda tenang.

10.Cari bantuan
Belajar mengendalikan emosi adalah tantangan tersendiri bagi setiap orang. Bila emosi Anda tampaknya sudah di luar kendali, membuat Anda menyakiti orang lain atau membuat Anda menyesal, carilah bantuan. Bila perlu, datanglah pada konselor atau tenaga profesional, yang bisa membantu Anda mencari pokok permasalahan sekaligus solusinya. Bisa juga, Anda meminta bantuan pada teman atau keluarga.
semoga bermanfaat bagi kita semua.

tips mengendalika Emosi Dengan cara sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: isoyo

2 komentar:

  1. pertamax gan tanpa subsidi, hehehehe

    emosi memang tidak baik yaa sob bisa menimbulkan penyakit lagi buat apa di pelihara
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip gan... harus bisa mengendalikan emosi...
      Biar banyak kawan.. dijauhi lawan... wehehee
      biar tambah rezekinya gan,,,karena banyak jaringan.... amin

      Delete