Manfaat Ampas

Ketahui tentang Flora Fauna yang unik, cantik, dan patut untuk digali informasinya

Manfaat Ampas

Manfaat Ampas Kopi di dapur Sebagai obat dan alat kecantikan - Solusi Rumah Tangga Manfaat Ampas Kopi di dapur Sebagai obat dan alat kecantikan Istri yang baik tentu melayani  suaminya dengan membuatkan minuman penghangat diwaktu pagi . Salah satunya dengan membuatkan sang suami secangkir kopi dan hidangan camilan lainnya seperti makanan ringan, gorengan dan lainnya. Biasanya seorang suami lebih membutuhkan kopi yang berwarna hitam pekat  sebagai minuman dipagi hari supaya tidak ngantuk pas jam waktu dikantor nantinya. Kopi hitam ini biasa menggunakan ampas yang berwarna kehitaman untuk cita rasa yang alami apalagi kopi tersebut adalah kopi khas lampung. Ketika anda didapur pasti menyediakan kopi, baik kopi hitam ataupun kopi sachet . Ampas kopi sering kita temui disaat suami baru saja minum kopi dipagi hari.  Ampas kopi ini biasa anda buang setelah suami anda meghabiskan minumannya tadi. Percaya tidak percaya bahwa dalam ampas kopipun terdapat suatu manfaat yang  banyak terutama dalam bidang kecantikan, obat dan pupuk.Kopi menjadi salah satu minuman terfavorit di kalangan orang tua dan anak muda. Banyak warung yang menyediakan kopi baik diwarung lesehan , maupun di tempat anak-anak nongkrong di tepi jalan  raya.  Salah satunya adalah kopi khas jogja atau diberi nama dengan Kopi Joss dimana kopi tersebut merupakan kopi hitam yang ada ampasnya dan dikasih dengan arang yang panas atau membara untuk dimasukkan ke dalam kopi tersebut.
Biasa orang-orang tidak mengetahui  manfaat kopi ini baik  bagi penjaga warung maupun ibu rumah tangga yang kesehariannya di dapur untuk memasak dan menjaga kebersihan dapur  supaya tidak ada bau yang tidak sedap.  Untuk itu kami akan memberikan beberapa manfaat Ampas kopi di dapur sebagai obat dan alat kecantikan.
Beberapa manfaat Ampas kopi sebagai berikut:
1. Ampas kopi ini bermanfaat sebagai penghalus tangan
Ambillah ampas kopi yang masih hangat ketika suami anda selesai minum. Ampas kopi yang  masih hangat tadi usahakan untuk di oleskan atau ditaburkan  ke seluruh bagian tangan secara merata, digosok-gosok diatas tangan, setelah anda gosok-gosokan bilas dengan air hangat dan ini dilakukan secara rutin setiap dipagi hari niscaya tangan anda akan Nampak halus tidak seperti yang dahulu lagi.
2. Ampas Kopi berguna sebagai Bahan Scrub.
Ampas kopi yang dibuang setiap hari diruang dapur akan lebih berguna apabila anda gunakan sebagai alat kecantikan. Ampas kopi ini bisa digunakan sebagai scrub, dimana scrub tersebut berguna untuk mengangkat  sel sel kulit yang mati. Sel kulit mati tersebut akan diganti dengan sel kulit baru dan menjadikan kulit Nampak lebih putih dari sebelumnya.
3. Ampas kopi bermanfaat  dalam mengatasi kulit keriput atau berkerut (stretch mark)
Kulit yang nampak berkerut seperti orang tua yang sudah tua akan bisa diatasi dengan menggunakan Ampas kopi ini , Ampas kopi ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah keriput dengan cara menggosok-gosokkan  ampas kopi tadi ke kulit yang keriput  atau berkerut , gosokkan minimal 5 menit  secara perlahan-lahan. Setelah itu bagian tubuh yang telah digosok tadi ditutup dengan plastic dan plastic yang digunakan biasanya adalah plastic penutup makanan  dan diamkan selama 15 menit ditunggu sampai mengering. setelah ampas kopi itu kering lalu kita bersihkan dengan  air hangat sampai bersih  dan keringkan dengan handuk bersih, lakukan treatmen ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang sangat memuaskan.
4. Ampas kopi bermanfaat sebagai Pupuk pengganti dari berbagai macam pupuk.
Banyak kita temui orang menggunakan ampas kopi dan ampas teh sebagai pupuk tanaman yang ada di pot. Ampas kopi ini bermanfaat sekali bagi tanaman anda yang kurang subur selain dari khasiat minuman penghangat dan minuman penghambat tidur anda, ampas kopinya juga digunakan sebagai menyuburkan tanaman. Anda bisa menghemat waktu untuk membeli sebuah pupuk dengan menggantikannya dengan ampas kopi .
 5. Ampas Kopi sebagai obat luka
Ketika anda luka luar  karena terjatuh atau terjadi masalah yang menyebabkan luka berdarah, ampas kopi ini sangat cocok untuk menyumbat pendarahan yang terjadi pada luka luar  dan mempercepat pengeringan luka juga sebagai pertolongan pertama pada si korban dengan cara menaburkan ampas kopi tadi ke bagian tubuh yang terluka. Ampas kopi ini sangat cocok bagi anda yang tidak mempunyai kotak p3k.
Beberapa manfaat ampas kopi diatas sebagai informasi  yang paling cocok untuk mengatasi permasalahan yang kerpa terjadi dalam keluarga atau kehidupan anda sehari-hari, Meskipun kita dapat menemui ampas kopi ini didapur keluarga.

Menghilangkan bekas jerawat dengan ampas teh

 - Teh merupakan tanaman yang banyak dikembangkan untuk konsumsi. Terdapat 2 jenis teh yang dikenal paling populer oleh masyarakat. Yaitu teh hitam dan teh hijau. Teh hitam merupakan jenis teh yang dikonsumsi setiap hari. Sedangkan teh hijau merupakan jenis teh yang sering dikonsumsi orang-orang yang sedang melakukan diet.

Berikut sedikit penjelasan dari kedua jenis teh tersebut :
1. Teh Hitam
Teh hitam merupakan jenis teh yang paling populer dan paling sering dikonsumsi di  Indonesia. Teh hitam lebih lama mengalami proses oksidasi dibanding jenis teh lainnya. Teh hitam memiliki aroma kuat dan bisa bertahan lama jika disimpan dg baik. Saya punya teh lokal yang tanggal expired sampai agustus 2014. :v
Kandungan Katekin lebih sedikit
Konsumsi 3 cangkir teh hitam setiap hari dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti jantung, menurunkan kolesterol, hipertensi, dan stroke. Karena zat flavonoid quercetin, kaempfrol, dan myricetin dalam teh ini yang dapat mencegah kerusakan pembuluh darah yang disebabkan karena oksidasi kolesterol, dan juga dapat mempengaruhi kadar hormon stress ( ngeteh dulu yuk )
Masa seduh : 3 – 5 menit, 100 ‘C

2.  Teh Hijau
Teh hijau adalah jenis teh yang populer di Asia Timur khususnya Cina dan Jepang. Teh ini juga dianggap sebagai teh yang mempunyai manfaat lebih bagi kesehatan, terutama karena khasiatnya melawan kanker. Teh ini didapat dari pucuk daun teh yang masih segar yang mengalami pemanasan dengan uap air pada suhu tinggi
Manfaat : melangsingkan tubuh
Masa seduh : 1 – 3 menit, 70 ‘C

Tapi tahukah anda kandungan lain pada secangkir teh?. Berikut merupakan kandungan teh yang kita konsumsi setiap hari : 
1. Flouride
2. Asam amino L-theanine (memperkuat imune tubuh)
3. Antioksidan (Polifenol – 10 kali lipat dibanding sayuran, flavonoid)
4. Quercetin, kaempfrol, dan myricetin (mencegah pengapuran pembuluh darah)
5. Cafein 

Akan tetapi tahukah anda bahwa ada manfaat lain dari teh. Jika yang disebutkan diatas adalah minuman teh, maka kali ini bagian yang bermanfaat adalah ampaa teh. Untuk apakah ampas teh? Tahukah anda bahwa ampas teh mampu menghilangkan bekas jerawat? pasti muncul pertanyaan , bagaimana bisa menghilangkan bekas jerawat dengan ampas teh?.

Tahukah anda bahwa kandungan polifenol dan antioksidan pada teh dapat mengurangi bintik hitam bekas jerawat , selain itu juga dapat menghaluskan wajah ( lihat saja ada merk lotion yang berasa teh hijau ). Sedawatangkan cara penggunaan ampas teh untuk menghilangkan bekas jerawat tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu mengoleskan ampas teh pada bagian bintik hitam bekas jerawat, diamkan selang waktu 10-15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Penggunaan ampas teh  secara rutin dapat membantu mengurangi noda bekas jerawat di wajah Anda.


Manfaat Ampas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: isoyo

0 komentar:

Post a Comment