Apa itu Jangkrik dan Hubungan dengan Manusia, serta Posisi dalam Rantai Makanan

Ketahui tentang Flora Fauna yang unik, cantik, dan patut untuk digali informasinya

Apa itu Jangkrik dan Hubungan dengan Manusia, serta Posisi dalam Rantai Makanan

Apa sih Jangkrik yang kamu kenal itu?
Ada 900 spesies jangkrik di seluruh dunia didalamnya juga termasuk jangkrik gangsir. Jangkrik atau cengkerik (Gryllidae) merupakan serangga omnivora seperti belalang dengan rata-rata berwarna hitam atau coklat, memiliki dua antena panjang didepan, dan dua sungut atau dua helai antena pendek di belakang / ekor dan ada juga yang tiga antena di ekornya dua pendek dan lembut dan satu yang ada di tengah panjang seperti anak panah keras. Bentuk jangkrik kebanyakan seperti semar atau gemuk tidak memanjang seperti belalang. Suara-suara dari jangkrik hanya di hasilkan oleh jangkrik Jantan. Suara - suara jangkrik jantan di peruntukan untuk menarik jangkrik betina dan menolak jangkrik jantan yang lainnya. Suara tersebut dikeluarkan dari kedua sayap jangkrik jantan yang berbentuk gelombang-gelombang dan saling bergesekan ketika sang jantan menggerakkan. Suara yang dihasilkan oleh jangkrik jantan semakin keras di pengaruhi oleh suhu naik di sekitarnya.

Seperti apa perbedaan jangkrik jantan dan betina?
Perbedaan antara jangkrik jantan dan betina sangat jelas sekali terlihat walau jangkrik masih kecil. Jangkrik betina mempunyai tiga sungut dan ada satu yang keras ada di tengah, sedangkan jangkrik jantan hanya memiliki dua sungut saja di belakang. Sayap-sayap yang dimiliki jangkrik jantan bergelombang-gelombang lebih jelas dari pada sang betina. Jangkrik jantan dapat mengeluarkan bunyian-bunyian jangkrik dengan keras sedangkan sang betina tidak atau hanya pelan dan jarang terjadi. Jangkrik betina lebih gemuk dari pada jangkrik jantan, itu lebih kelihatan ketika si jangkrik betina sedang bunting. Terlihat pergelangan yang begitu jelas di leher jangkrik Jantan biasanya berwarna merah, kuning, dan putih sedangkan betina hanya pergelangan tersebut tipis.

Apa Makanan yang sering di berikan kepada jangkrik?
Cengkerik sebagai hewan omnivora makanannya pun berupa dedaunan-dedaunan yang sanggup dimakan olehnya. Sering saya lihat pembudidaya jangkrik hanya memberinya makan daun pisang sudah mengering. Tapi makanan di habitat aslinya jangkrik memakan rerumputan seperti daun krokot dan tumbuhan-tumbuhan kecil lain (rerumputan)

Seperti apa hubungan jangkrik dengan manusia?
Cengkerik sudah lama berhubungan dekat dengan manusia terbukti sejak lama manusia telah mempelihara cengkerik. Manusia memperlihara cengkerik dirumah dengan tujuan untuk mengusir tikus dari rumah mereka. Belum ada pembuktian yang jelas bahwa cengkerik bisa mengusir tikus dengan suara yang ditimbulkan darinya. Tetapi itulah yang dipercayai manusia sejak zaman dulu. cengkerik juga sering di pelihara manusia untuk dijadikan hewan aduan ( laga cengkerik ). Laga cengkerik adalah perlombaan yang sebagai pemain didalamnya adalah jangkrik dan kerap kali menimbulkan taruhan antar pemilik jangkrik aduan tersebut. Dari situ juga dikatakan jangkrik hewan pembawa keberuntungan. Tapi didak sepenuhnya benar. Karena di Caraguatatuba, Brazil, cengkerik hitam yang masuk didalam ruangan entah rumah atau apartement di percaya sebagai tanda datangnya penyakit, dan cengkerik hijau mendatangkan harapan, dan cengkerik kelabu mendatangkan uang. Manusia menggunakan Suara cengkerik biasanya menandakan lawakan yang tidak lucu dan tidak membuat orang tertawa. Di pasaran jangkrik sangat laku keras, karena jangkrik merupakan makanan asli burung peliharaan. Biasanya para penjual memberi harga jangkrik per ekor seharga Rp.300,00. - Rp. 500,00

Dalam rantai makanan Seperti apa posisi jangkerik?
Alam telah sedemikian rupa memposisikan sesuatu hal agar ideal begitu juga posisi jangkrik di dalam rantai makanannya. Terhadap tumbuhan dia adalah sang predator atau hewan yang memakan hewan lainnya sedang di posisi jangkik dengan burung, ayam dan sejenisnya, jangkrik sebagai mangsa atau hewan yang di mangsa oleh hewan lainnya. Oleh karena itulah para penggermar burung menggunakan jangkrik sebagai makanan ekstra bagi burung piaraan mereka. Burung yang kebanyakan di beri jangkrik oleh tuannya adalah burung kesayangan atau burung pentasan dan tentunya burung tersebut memang memakan jangkrik.

Apakah benar jangkrik menghasilkan suara bernuansa mistis?
Dilansir dari  Truthseekerdaily (22/11),
"Saya menemukan bahwa ketika saya melambat rekaman ini beberapa tingkat, ini (suara belalang) yang terdengar akrab mulai berubah menjadi sesuatu yang sangat mistis dan kompleks...hampir seperti suara manusia." itu adalah ungkapan dari Jim Wilson seorang komposer musik. Pernyataan itu diungkapkan oleh Jim Wilson ketika dirinya berhasil merekam suara jangkrik, dan di memelankan suara jangkrik itu dengan berberapa tingkat kelambatan. Jim Wilson kaget ketika semakin dia perhatikan suara jangkrik tersebut seperti ketika dia mendengar suara manusia yang sedang melakukan paduan suara.

Baca selengkapnya Bagaimana Cara Berternak Jangkrik dengan baik dan hasil yang sangat memuaskan?

Apa itu Jangkrik dan Hubungan dengan Manusia, serta Posisi dalam Rantai Makanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: isoyo

0 komentar:

Post a Comment